SEMAKIN EXPERT DENGAN PAHAM METODE KERJA TEST KIT

expert-test-kit

Dokter sering menggunakan Test Kit tetapi belum paham detail kinerjanya? Test Kit atau Rapid Test merupakan penyebutan singkat Rapid Test Kit, yang umumnya alat ini digunakan sebagai pendukung penegakan diagnosa bagi pasien. Dokter dapat menjadi semakin expert dengan paham metode kerja test kit ini.

Keunggulan Rapid Test

Rapid test kit digunakan untuk mendeteksi respon antibodi atau antigen dari tubuh pasien. Rapid test memberikan hasil pemeriksaan yang relatif singkat jika dibandingkan dengan teknik diagnostik lainnya. Saat ini banyak beredar jenis-jenis Rapid Test Kit yang digunakan untuk membantu dokter hewan dalam menegakan diagnosa, seperti Feline Leukopenia Virus, Canine Distemper Virus, Canine Parvovirus, Toxoplasma, dan lainnya.

Prinsip Kerja Rapid Test

Rapid test pada prinsipnya bekerja dengan mendeteksi antibodi atau antigen pada tubuh hewan yang terindikasi infeksi. Metode ini memanfaatkan beberapa model spesimen yang diambil dari tubuh pasien yaitu darah, saliva, atau urin. Selanjutnya rapid test akan bekerja dengan menampilkan hasil tes dengan beberapa indikator yang dapat dilihat dari kontrol.

lateral-flow

Ket : Lateral flow rapid test kit

Ket: Aglutination Rapid Test Kit

Metode Kerja Rapid Test

Rapid test memiliki beberapa model tergantung target diagnosisnya :

  1. Target Antibodi

Targetnya adalah IgM atau IgG, sehingga dapat memberikan gambaran fase klinis pasien. Jika IG M positif, mengindikasikan terjadi pada fase awal kesembuhan, sedangkan jika IgG positif, maknanya infeksi kronis dan berada pada fase akhir kesembuhan. Metode ini membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk mendapatkan hasilnya. Namun, pada metode ini sering terjadi cross-reactivity dan memiliki sensitivitas yang rendah, terutama pada penyakit bersifat akut.

  1. Target Antigen

Targetnya berupa antigen dari sebuah patogen, metode ini  mampu memberikan informasi terhadap penyebab infeksi dengan waktu singkat. Namun, terkadang terjadi memiliki infeksi silang dengan patogen lain yang memiliki antigen serupa.

  1. Target Asam Nukleat

Metode ini merujuk pada target identifikasi pada Asam nukleat dari suatu patogen (DNA/RNA), sehingga memiliki spesifisitas dan sensitivitas yang tinggi. Namun, metode jenis ini memerlukan operator ahli, memerlukan waktu relatif lebih lama, serta alat penunjang yang lebih memadai, sehingga metode jenis ini lebih mahal.

Dengan mereview alat ini, Dokter menjadi semakin expert dengan paham metode kerja test kit. Karena penggunaan rapid test sangat diperlukan di bidang medis veteriner saat ini. Metode tersebut sangat bermanfaat bagi dokter hewan untuk menunjang diagnosis pasien dengan waktu cepat dan biaya lebih murah.

Informasi terkait penggunaan Test Kit dan stok produk, klik link shop.myvetonair.com

Flash Sale pembelian produk Test Kit hingga 24 Juni 2023.

Sumber referensi :

  1. Gambar aglutination rapid test kit : https://doi.org/10.1101/2020.11.30.20241208
  2. Gambar Lateral flow rapid test kit : https://en.joysbio.com/what-is-a-lateral-flow-assay-and-how-does-it-work

Sumber tulisan :

  1. Rabold E and Waggoner J, Rapid Test for Infectious Diseases, Center for Diseases Control and Prevention, Accsesed on 6 June 2023. https://wwwnc.cdc.gov/travel/yellowbook/2024/posttravel-evaluation/rapid-diagnostic-tests-for-infectious-diseases
  2. Singh R, 2022, Application of Veterinary Diagnostic Kits and the Use of Rapid Test Kits in

Diseases Diagnosis in India: An Overview, Accesed on 6 June 2023, https://www.pashudhanpraharee.com/application-of-veterinary-diagnostic-kits-and-the-use-of-rapid-test-kits-in-diseases-diagnosis-in-india-an-overview/

Scroll to Top